Selasa, Desember 18, 2007

Membersihkan Kerak Topi

( Sumber : ayahbunda-online.com )
Pada kulit kepala bayi, seringkali terlihat adanya serpihan kulit atau lapisan tebal pada kulit. Itulah yang disebut kerak topi. Bagaimana cara mengatasinya?

Kerak topi, yang juga lazim disebut cradle cap atau kerak kepala, memang cukup sering dijumpai pada bayi usia 3 minggu hingga 3 bulan. Biasanya, gangguan ini timbul di dekat dahi, berminyak dan berwarna kekuning-kuningan. Begitu terkelupas, serpihan-serpihan kulit tampak seperti ketombe.

Gara-gara hormon ibu

Umumnya, kerak topi timbul pada bayi yang tidak memiliki cukup rambut. Sebab, seluruh minyak yang dihasilkan kulit kepalanya tidak bisa diserap. Bila Anda tidak rajin-rajin membersihkannya, debu dan serat-serat halus akan menempel pada kulit kepala yang berminyak. Lama kelamaan, terbentuklah semacam kerak.

Memang, kelenjar minyak pada kulit bayi biasanya bekerja terlalu aktif. Apa penyebabnya? Ternyata, ini akibat masih tingginya kadar hormon ibu yang mengalir di dalam tubuh mungilnya. Meski begitu, jangan langsung panik. Pengaruh hormon ibu “hanya” akan berlangsung selama bulan-bulan pertama kehidupan si kecil. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, gangguan kulit ini akan hilang dengan sendirinya. Umumnya, setelah si kecil berusia 6-7 bulan, kerak topi sudah benar-benar lenyap.

Perhatian!

Bila kerak topi dijumpai pada si kecil, beberapa hal berikut bisa jadi catatan:

- Setelah diolesi baby oil, Anda boleh saja memijat kepala mungilnya secara perlahan-lahan.
- “Membiarkan” baby oil selama beberapa menit pada kulit kepala akan membuat kerak jadi lunak dan mudah dibersihkan.
- Jangan bersihkan kerak topi dengan jari-jari Anda. Bisa-bisa kuku Anda melukai kulit kepalanya.
- Sebagai pengganti baby oil , bisa juga Anda biarkan rambut si kecil disampo selama 20 menit. Setelah itu, sisir rambutnya dengan sikat rambut yang halus dengan hati-hati.
- Lakukan ini 2- 3 kali dalam seminggu.

Siapkan Dulu Pirantinya :

- Baby oil
- Sampo bayi
- Sikat rambut yang halus

0 komentar: