Sabtu, Juni 02, 2007

Sungsang?

Sekarang usia kehamilanku sudah masuk 4 bulan. Pas diperiksa pakai dopler, detak jantung baby-nya tidak kedengeran. Sempat deg degan juga sih takut kenapa-napa. Ternyata pas di-USG baby-nya sehat-sehat aja tuh. Malah Dokternya bilang, "wah baby-nya aktif banget nih..." Mas Agus sih senyam-senyum gitu pas lihat calon baby-nya di screen. Bayinya keliatan mutar-muter, jadinya emang agak susah untuk didengerin detak jantungnya. Dan ternyata baby-nya dalam keadaan sungsang.


Dokternya bilang kalau sungsang di-usia kehamilan segitu masih tergolong wajar dan masih bisa berubah. Kecuali kalau calon baby sudah lebih dari 7 bulan, rahim semakin sempit, jadi posisi baby-nya sulit untuk memutar ke bawah.

Oleh DSOG-nya aku disarankan untuk sering-sering pada posisi bersujud, tiap pagi setelah bangun tidur, waktu mau tidur, atau setelah sholat. Kalau bisa sujud agak lama, sambil berzikir. Awalnya tiap kali nungging, aku mual, seperti berat sekali. Tapi karena ingin melahirkan normal, nungging-nya jadi semangat. sungsang, lalu sama dsognya juga disuruh nungging tiap pagi bangun tidur dan waktu mau tidur.

Selain itu, katanya teman dan kakakku tidak boleh malas-malasan, harus banyak jalan-jalan (terutama jalan pagi!) dan juga banyak mengepel lantai secara manual alias nungging. Aku jalankan semua itu, dengan harapan semoga kelak dapat ke posisi normal.

0 komentar: