Minggu, Februari 14, 2010

Batuk Pilek Parah

Mama barusan aja sembuh dari sakit flu & batuk, eh sekarang giliran Danis. Sudah dijaga agar gak sampe nulari Danis, tapi yang namanya virus ya emang JAHAT banget krn mudah nular. Selama ini, Danis kalau sakit batpil ga pernah parah-parah banget. Paling cuma meler dan batuk, dikasih Neo Triaminiq 2-3 hari dah sembuh. Badannya paling anget dan batuknya gak sampe yang bikin muntah gitu. Dan batuk kali ini bisa dibilang parah dari yang sebelumnya.

Awalnya sih, pas hari kamis (11 Feb) pagi Mama masih sempat bermain dengan Danis. Bangunnya lebih siang dari biasanya, tetap ceria seperti biasa dan minta diputerin VCD. Setelah itu mama mandiin dan suapin sarapan, kemudian mama tinggal berangkat ke kantor. Sama sekali tidak menunjukkan gejala mo sakit. Sore sepulang kerja, Budhenya bilang kalau Danis sedang sakit. Jadi ceritanya pas mau bobo siang tiba-tiba Danis muntah-muntah. Muntahan susunya banyak banget sampai membasahi mukanya juga seluruh kasur beserta pernak-perniknya. Badannya kemudian mulai sumeng .

Malamnya, Danis mulai rewel dan nangis-nangis gak ada juntrungannya. Hidungnya keluar ingus cair yang terus menetes gak berenti. Masih mau makan tapi gak bisa maksimal karena mulai sedikit-sedikit batuk. Pas dikasih obat penurun panas Danis berontak gak mau. Tapi mama papa berusaha agar obatnya bisa masuk. Danis juga gak mau minum susu, cuma mau minum air putih. Semalaman gak bisa tidur nyenyak, sebentar-bentar kebangun, nangis dan muntah. Pokoknya rewel luar biasa dan asli bikin mama STRESS.

Jum'at (12 Feb) mama terpaksa ijin gak masuk kerja (lagi) karena puyeng semalaman ga tidur juga Danis kondisinya yg tambah parah. Pipi dan hidungnya memerah. Matanya berair terus, bengkak, sayu dan kuyu. Biasanya yang klo minum susu UHT dan Yogurt suka kurang klo dikasih cuma 1, hari itu nolak dan bilang : "Gak enak, ma..". Mama jadi nangis liat dia seperti itu. Sorenya mama bawa ke Dokter dekat rumah. Oleh Dokter dikasih obat penurun panas dan antibiotik. Dengan kondisi sakit seperti itu, Danis masih mau jawab kalau ditanyain, mau nyanyi kalau diajak nyanyi, dan ketawa-tawa kalau diajak becanda. Tambah bikin hati mama trenyuh. Trus kalau misal udah enakan dikit, Danis malah bersepeda walaupun di dalam rumah. Malamnya, Danis lumayan bisa bobo. Walaupun ga seanteng biasanya karena kalau pas batuk di tengah bobonya pasti Danis akan bangun dan duduk. Dan kalau sudah duduk begitu, Danis akan nolak untuk di-tidurkan. Jadi walopun ngantuk sambil merem, Danis akan tetap duduk sambil ngerintih "Mau muntah Ma...". Sepertinya dia begitu karena trauma dengan muntah yang hari kamis siang itu.

Sabtu (13 Feb) siang pas mama pulang kerja, Danis lagi bermain sepak bola di dalam rumah. Mama kirain udah agak mendingan. Tapi budhenya bilang kalau pagi tidak mau makan sama sekali. Akhirnya mama suapin makan siangnya. Lumayan, Danis bisa habis 3/4 porsinya lalu bobok siang. Malamnya bisa bobok anteng, dan menghabiskan 2 botol susu.

Minggu (14 feb) paginya Danis sepertinya sudah lebih baik. Suhu badannya normal. Sama papa diajak jalan-jalan ke porakta sambil makan bubur ayam. Tapi begitu sampai di rumah mulai batuk-batuk lagi kemudian muntah lendir semua. Perkiraan mama bahwa sabtu mulai membaik ternyata meleset. Meski badannya ga panas tapi Danis kembali rewel karena batuk yang ga putus-putus. Gak ada selang 5 menit kebatuk-batuk. Danis juga terus mengeluh dengan bilang "Mau muntah ma..." Ga tega deh liatnya seperti itu. Karena batuknya malah menjadi-jadi, Papa kemudian inisiatif beliin PERIMPERAN untuk meredakan rasa mual dan MUCOPECT untuk meredakan batuknya. Kalau dari hari pertama sakit pake acara berontak, alhamdulillah hari ini sudah mau minum obatnya tanpa 'paksaan'. Malamnya, walau ngantuk dan capek luar biasa, mama nungguin Danis yang lagi-lagi tidak bisa dan tidak mau bobok karena batuk yang mengganggunya itu.

Huuuhhh @#$^& bingung, kesal, benci dan jengkel campur aduk jadi satu yang ada dlm otaknya mama Kenapa juga virus jahat itu mampir ke anak mama tersayang. Apalagi di rumah juga kebetulan berbarengan Uti lagi sakit balpil parah juga. Mama worried, takut banget sakitnya bakalan tambah lama klo disekitarnya ada yg sakit juga. Sampai hari ini (15 feb), Danis belum ada tanda-tanda membaik. Batuknya masih sering kedengar dan mama sedih 'merasakan' sakitnya itu.

Yah...mudah-mudahan anak mama, mbah uti dan semua yang sakit segera sembuh, dijauhkan dari virus2 jahat yang bikin penyakit dan semoga next tidak ada yang sakit-sakitan lagi, amiiin. Danis sayang, cepet sembuh ya nak. Mama kangen pengen liat Danis kembali ceria & dapat bermain-main lagi. Minta doanya aja yah...

13 komentar:

Rita Kusuma mengatakan...

wah lagi musim ya ..
mam ini ada info dikit aja, kalo batuknya parah banget, pake rebusan bunga blimbing wuluh aja biasa agak reda
kalo dah baikan, coba d pijet mam, biasanya batuknya bisa reda dan boboknya jadi enak..jadi anak bisa istirahat, smoga membantu ya

Danis lekas sembuh ya ...

Diyah kusumaningsih mengatakan...

Emang sedih ya mom kalo anak lagi sakit yang sabar ya....Danis smoga cepet sembuh ya.....

@yank Mira mengatakan...

Haloo Danis, lama ga mampir nih, sakit yaaa...ati2 ya bun, cuaca lg kurang bagus, moga2 Danis cepet sembuh ya, hug hug

motik mengatakan...

cepet sembuh ya danis... virus emang jahat :(
mama nya juga hrs jaga kesehatan supaya nggak ikutan sakit ya..

Nia mengatakan...

Danis cepet sembuh yachh....jangan lupa minum obatnya, emang paling sedeh kalo anak sakit, smoga uti juga diberi kesembuhan, dan mama diberi kesehatan biar bisa jaga danis.....

BunDit mengatakan...

Emang skr cuaca lagi gak bersahabat mom. Jadinya banyak penyakit bersliweran. Paling sedih kalau lihat anak sakit sampai tersiksa begitu. Semoga Kak Danis cepat sembuh ya...dan ceria lagi :-)

May-Danis's Mom mengatakan...

@Rita:
Betul mom, sebaiknya emang obat tradisional dulu yah i/o antibiotik :-(. Thanks a lot untuk infonya & doanya ya mom.

@Diyah:
Thanks ya Ummi...

@Ayank Mira:
Iya betul, cuaca lg ga bersahabat. Thanks ya bund :-)

@Motik:
Utk preventif biar ga ikutan drop, aku gelontor pake redoxon dan banyak makan :D. Thanks 4 sharing ya mom...

@Nia:
Syukurlah Danis udah ga berontak lagi klo disuruh minum obat. Ya, mudah2an lekas sembuh, thanks doanya ya mom :-)

@BunDit:
Thanks ya doanya mom...

Indri mengatakan...

cuacanya lagi gak bagus ya mom, daya tahan tubuh kendor dikit aja langsung kesentil virus.. cepet sehat ya danis...

May-Danis's Mom mengatakan...

@Indri,
Iya betul banget mom, tp alhamdulillah pagi ini dah Danis lumayan seger, dah hampir pulih kembali tinggal batuk-2 kecil aja.

Thanks doanya ya mom :-)

astien mengatakan...

emang lagi musim mba..danis cepet sembuh ya...biar bisa maen2 lagi

oya salam kenal dari kk ki' dd kia :)

May-Danis's Mom mengatakan...

@Astien,
Iya bener mba, alhamdulillah skr dah baikan kok. Salam kenal juga ya, salam buat kk Ki dan dede Kia ;-)

ke2nai mengatakan...

emang lagi musim. Semoga danis cepet sembuh y :)

Susan Noerina mengatakan...

Moga cepet sembuh yah Danis sayang (juga Mbah Utinya). Momynya juga teteup jaga kesehatan jangan ampe drop lagi. iya neh skarang lagi musim sakit yah, pengaruh cuaca seh