Kamis, November 13, 2008

11 Months Old Danis, "Bye-bye Baby Food..."

Horeeee.... sudah tiba saatnya kami mengucapkan : "bye bye baby food!". Gara-garanya sih suatu sore pas nyicipin kuah bayam untuk makanannya Danis (buatan Budhe) mama rasain terlalu asin, akhirnya mama inisiatif untuk buat bubur dengan 2 keping biscuit farley, tambah 2 sendok puree kentang + keju parut terus disiram dengan kuah bayam kaldu tadi yang sudah ditambahin air, lalu mama cicipin lagi : sip deh rasanya, ada rasa manisnya biscuit, gurihnya keju + kaldu mama ngebayangin pasti deh anak mama ini akan lahap makannya. Tapi guess what??? pas mama sendokin dikiiit (biasa mama lakuin biar Danis nyicipin dulu makanannya) begitu dicecap ma lidahnya, Danis langsung deh nyengir n hoek/seperti mau muntah gitu. Cepet-cepet mama alihkan perhatiannya n otomatis langsung ganti menu. Karena yang ada di meja saat itu puree kentang, langsung deh mama suapin satu sendok, dua, tiga sendok pun terlalui eh gak lama kemudian Danis mangap-mangap seperti mau muntah trus akhirnya muntah beneran.

Bingung... bingung...n kuatir ( again! ) . Pada dasarnya Danis termasuk gampang dalam urusan makanan. Makanan yang mama suapin insya-allah akan dihabisin sama Danis, mau nasi lembut, roti, buah yang dipotong kecil-2, kuah sayuran n daging yang dicincang, secara emang mama kalo ngasih makanan takarannya tepat (nurut mama loh) gak terlalu banyak dan timingnya tepat, alias setelah usai jam bermain dan jaraknya gak berdekatan dengan milk time. Cuman beberapa waktu terakhir ini Danis rada 'sensitif' ma makanan tertentu (mama gak mau bilang picky eater ah, karena selain gak bagus juga mama gak pengen itu terjadi....)

Kemudian Mama coba remind lagi, last week pas main ke rumah bunda Yuli (kakaknya mama), Bunda masak bubur sumsum (bubur tepung beras) untuk try-out frist MPASI buat mas Rasya. Trus mama kasih Danis bubur sumsum itu, eh Danisnya seperti mau muntah. Again, bubur sumsumnya mama coba tambahin gula merah biar berasa, tetep aja act like that. Trus pernah juga mama buatin puding yang proses pembuatannya agak dilebihin airnya biar gak terlalu keras n penuh cinta tentunya, baru satu suap ihhh Danis langsung nyengir n hoek-hoek gitu. Duh ini karena telat perkenalannya ato apa yah? (bingung mode on).

Dan ternyata oh ternyata, finally mama tahu penyebabnya. Danis sekarang sudah senang mengunyah makanan yang bertekstur dan kasar dan udah gak doyan lagi dengan makanan yang lembut2 dan blenyek seperti bubur. Padahal usia 9 mths mos 2 weeks masih belum bisa tekstur kasar, 10 mths udah mulai makan semi kasar atau yang bertekstur non blender, dan sekarang 11 months dah tambah mahir. Pantesan aja nolak waktu dikasih bubur biscuit n bubur sumsum. Tapi kalo biscuit bayi yang langsung dimakan masih doyan kok, apalagi roti coklat/keju, mie, dan macaroni keju ato spaghetti yang mama kasih setelah kejadian bubur biscuit itu wuihhh ternyata doyan banget. Untuk main coursenya tetep nasi putih lembek + kuah sayuran + daging cincang. alhamdulillah....

Note : Karena takut alergi sampai sekarang Danis belum mama kenalin dengan ikan & telur ayam. Kalo daging ayam sudah pernah dan sepertinya ada bakat alergi (bentol-2 merah) ntar aja deh nunggu sampai Danis usia setahun, Insya-Allah

7 komentar:

Kristin A Kusuma mengatakan...

Danis dah mulei pinter nih maemnya..;)
Biar cepet gede yaa..supaya bisa lari2. heheh

Febrie Pereiza mengatakan...

sama nih ama jorell, sampe skg malah aku blm brani kasih ikan laut, alergi juga, susunya aja soya juga

mommy adit mengatakan...

semangat makannya ya Danis!! Radit juga dulu umur 11 bulan udah dikasih nasih lembek...

Rita Kusuma mengatakan...

Seneng ya mam kalo dah mulai makan nasi lembek,makannnya jadi bisa bervariasi he..he..

reini mengatakan...

hi Danis.., Arqam juga alergi ama telur ayam, tapi mama cobain ngasih telur puyuh ternyata oke kok....mam yang banyak yah....!(mama Arqam)

Nia mengatakan...

sama bun ama ina...yg dulu aku bilang ina susah makannya..ternyata dia udah gak mau bubur susu lagi...duh mana aku dah terlanjur beli banyak lagi....skrang klo sarapan aku beliin bubur ayam yg lewat(cuma pake kecap sm bumbu kunig dkt), trs makan siangnya nasi lembek...sama juga smpe skrang ina blm pernah aku kasih ikan sm telor....

Evy mengatakan...

horeee.. dah gak jaman lagi yang halus2 ya sayang?;)
udah gede nih anaknya mama:)
btw kuah sayur pake garam dong ma?
jadi danis udah dikenalin sama garam ma?

zikra udah pernah dikasih margarin tapi jarang banget.. malah gak sampe 10kali sejauh ini. palingan cuma keju doang:p