Senin, Juli 13, 2009

19 Months Old & Belajar Disiplin :)

Hari ini Danis usianya bertambah 1 bulan, menjadi 19 bulan. Makin pinter aja anak mama satu ini dan yang pasti tetap menjadi main power mama dan papanya . Kalau di posting sebelumnya mama cerita ttg perkembangan Danis di ulbunnya ke-18, tentang habbitnya yang suka menggigit dan suka mukul, sekarang mama akan bercerita tentang pola disiplin yang pelan-pelan mulai mama ajarkan pada Danis. But, sebelumnya mama mau mengucapkan banyak terima kasih untuk semua comment and support all mommies pada postingan mama di ulbunnya Danis yang ke 18 kemarin. Mama merasa completely happy karena ternyata mama tidak sendiri yang mengalami hal seperti ini. Daaan kesimpulan mama adalah: bayi/batita pada usia tsb memang masanya ber-eksploitasi. Menurut mama tidak perlu dirisaukan apalagi sampai diberi hukuman fisik seperti dipukul/dicubit/dijewer dll. Karena ternyata, setelah mama posting kemarin, Danis sampai sekarang sudah tidak pernah menggigit tangan, punggung, pundak lagi, duuhhh... Alhamdulillah banget kaaan ???? Tapi meskipun begitu, Danis sometimes masih suka juga sih gigit tas model boneka monyetnya yang berbulu-bulu itu, dan kemudian di-lepehin, hehehe. Gak papalah, mudah-2an mama, papa dengan dukungan dari keluarga perlahan dapat membimbingnya dengan baik. Danis tetap harus mendapatkan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya sambil diajarin mana hal baik dan mana yang tidak baik.

Ok, back to masalah pelajaran disiplin: menurut mama pada usia ini Danis sudah cukup besar dan sudah paslah untuk mulai diajarkan disiplin dengan aturan. Mungkin bagi sebagian orang terdengar aneh dan berlebihan ya mama ini, masa iya sih anak sekecil ini sudah diatur-diatur??? Padahal tuh sebetulnya sejak bayi tanpa disadari all parents pasti akan mengajarkan disiplin ke anaknya, right? Contohnya untuk urusan mandi. Sejak bayi Danis udah mama set untuk mandi pagi sekitar pkl 07.00 s/d pkl 08.00 dan sore sekitar pkl 16.00 s/d 17.00, meskipun sometimes ada perbedaan pola pikir antara mama dan pengasuh di rumah kalau misalnya Danis pilek (bukannya sakit panas/demam lho...) orang rumah biasanya menyarankan untuk tidak usah mandi / cukup di washlap ajah, sementara mama berprinsip mandi tidak akan membuat anak tsb menjadi sakit karena mandinya pun menggunakan air hangat, tapi anyway mama until now merasa fine-fine aja menyikapi perbedaan tsb (maklum, masih stay di pondok mertua indah, ). 

Mama juga mulai mengajarkan (kembali) utk menyikat giginya kalau pas mandi. Selama ini kalau mau sikat gigi mesti 'berantem' dulu karena biasanya baru disodorin sikat giginya mulutnya langsung dikunci. Kadang pas mau buka mulutnya, eh sikat gigi tsb malah digigit, hehehe emang mesti pelan-2 ya ngajarinnya. sayangnya acara sikat menyikat gigi ini kurang begitu sukses karena belum didukung oleh pengasuhnya alias hanya pas kalau mama aja yang mandiin Danis, hehehe. Trus mama juga ajarin Danis utk disiplin membereskan mainannya atau barang-barang lainnya yang suka dibongkarnya pada tempatnya semula. Awalnya sih memang agak susah, tapi alhamdulillah sekarang Danis sudah mau apabila diminta utk memasukkan mainan / barang-2 ditempatnya semula. Tapi nggak jarang juga setelah itu, mainan dan barang-2 yg sudah ditempatnya akan dibongkar lagi, huhuhuhu .

Kemudian masalah bobok malam. Sudah beberapa hari ini mama sukses mem-bobokkan Danis 'langsung' di tempat tidur. Caranya dengan gantiin baju, gantiin diapersnya, matiin lampu kamar, nyalain lampu tidur dan ngajak Danis untuk bobo di tempat tidurnya. Meskipun sudah ngantuk, Danis sebetulnya kalau diturutin maunya ya bermain terus. Malahan kadang mama yang nemenin bobo sampe terkantuk-kantuk eh Danisnya malah kembali 'seger' dan bangun dari tempat tidurnya sambil bilang 'luwang... luwang (keluar)..." sambil nunjuk-nunjuk pintu kamar dan menarik tangan mama. Biasanya kalau ngga diturutin bakalan tereak-tereak. Tapi mulai tadi malam mama nggak mau nyerah. Mama bilang sama Danis : "sssttt dah malam sayang, bobok yuk?? ini lihat monyetnya juga bobok.." (tas monyetnya mama rebahin seperti posisi tidur), and it's work!! Danis akhirnya mau deh kembali bobok sambil meluk gulingnya. Pules banget...
Ini emang baru beginning & tidak mudah memang. Tapi both mama n papa pengennya Danis mulai disiplin dalam hal tidur malam. Meskipun belum ada tanda-tanda pengen bobok, tapi kalau udah jam 9 malam harus mulai masuk kamar dan dikondisikan suasana menjelang bobok.

Sebetulnya masih banyak sih yang pengen mama disiplinkan, seperti misalnya mulai ajarin pipis/poop di kamar mandi, bobok malam tanpa susu botol dan tanpa diaper... sementara ini ada di-list mama. Namun perlahan-lahan mulai diajarkan bertahap. Ah, mudah-mudahan lancar terus ya, amiin....Dengan belajar disiplin sejak dini harapannya mama adalah selain enak buat anaknya juga enak dong buat mama dan papanya. Mama dan tentu saja mama-mama yang lain pasti deh berharap yang terbaik buat anaknya, not only for now, but forever, Iya kaaan???
Selamat ulang bulan Danis... Semoga tambah pinter & sehat terus ya nak... I love you my baby....

10 komentar:

Rita Kusuma mengatakan...

Danis udah gede ya mam :D
emang dah waktunya belajar disiplin.
kalo urusan gosok gigi, kayaknya kita punya masalah yang sama deh :D
sukses ya mom :D

Motik mengatakan...

Met ulbul ya Dannis....
MAkin gede makin pinter. Kyara sama Danis cuma beda 1bulan nih. Aku juga punya PR banyak untuk mendisiplinkan Kyara.
Sehat terus ya Danis... :)

Desy Noer mengatakan...

Ikutan ngucapin juga, Met ulbul yaa Danis, tambah pinter aja.

Soal sikat gigi, sama kayak Zaheer, baru disodorin sikatnya, langsung dech aksi mengunci mulut. atau malah direbut sikatnya terus dibuang.
kalopun mau buka mulut, sikatnya malah digigit. kadang Zaheer pengen sikat gigi sendiri, berlagak udah bisa, eh, taunya malah dikunyah sikat giginya. Heheh..laperrr ya?

alumongga mengatakan...

Salam kenal ya Kak Danis dari Dita. Mbak, nanti sharing ya soal mendisiplinkan anak. Jadi bisa nyontek tips nya hehehe.

Keluarga Fauzi mengatakan...

Wah Danis tambah pinter aja nih. Sama mba, aku juga susah banget ngajarin Fadly gosok gigi. Mana akunya males juga :D
Yg rajin malahan bapaknya hihihi

Tapi klo soal bobo malem sendiri, alhamdulillah Fadly udah bisa bobo sendiri di boxnya sejak usianya 12 bulan kurang seminggu kemarin.

Pelan2 aja mba....Danishnya diajakin bobo langsung di tempat tidur,...insya Allah nanti jadi disiplin kok :D

Met Ulbul ya Danish ganteng

Nia mengatakan...

danish susah ya dsuruh sikat gigi, kebalikannya nech sm ina, kalo disuruh mandi, ina lgsung ngomong begini sm papahnya : "pah...mandi...sikat gigi dong..." heheh...ina tuchh malah seneng banget klo dsuruh sikat gigi...soalnya sebelumnya ina sering banget lihat papanya sikat gigi, jadi bgitu disuruh sikat gigi dia udah seneng dgn sendirinya....

met ulang bulan ya sayang...makin gede, makin ganteng...makin pinter...wah senangnya, btw kapan nambah adik utk danis? hehehe....

Diyah kusumaningsih mengatakan...

Met Ulbul ya Danis, tambah besar smoga tambah pinter dan disiplin. Rajin sikat gigi donk sayang supaya giginya gak geripis he..he..he..

ke2nai mengatakan...

'mat ulbul ya danis..
setuju mom.. mendisiplinkan anak emang hrs sedini mungkin. Tambah gede malah tambah susah nantinya.. kl sy biasanya u/ urusan disiplin lbh byk ksh contoh dulu.. Kyk misalnya gosok gigi, sy sering2 ngajak anak2 kl sy mau gosok gigi.. Krn kl sy cuma nyuruh mereka, mereka kadang suka ngebalikin "kok bunda gak kayak gitu?" hehehe...

Evy mengatakan...

wah pinter nih anak mama, udah mulai disiplin. danis gak nenen lagi ya ma? zikra kalo diajakin bobo malam gak bisa banget tanpa nenen, walo asinya gak tau sebanyak apa sekarang:p

bener ma, bagusnya emang sejak dini. pelan2 ntar lama2 jadi kebiasaan:) ayo ma bagi2 tips yang lain kalo ada ya:p met ulang bulan ganteng, moga tambah pinter dan sehat selalu:)

entik mengatakan...

betul mama...untuk urusan disiplin memang harus ditanamkan sejak kecil. Untuk kelancaran sih emang butuh kekompakan dari semua orang rumah.
dulu awal mula ngajak ikhsan sikat gigi juga susah, tapi sekarang tiap kali mandi ikhsan mau sikat gigi dan sebelum bobo sudah dengan senang hati ngajak saya sikat gigi bareng.

yup.., sehat selalu Danis