Jumat, Oktober 09, 2009

Belajar Membaca ala Danis

Sebetulnya udah lama pengen posting tentang kegiatan baru Danis yang satu ini, yaitu membaca. Awalnya sih pas YM-an dengan Rita-mamanya Elang, chat ngobrolin masalah anak masing-masing, baru tau mama klo ternyata Elang dah lancar ngomongnya. Trus mama langsung deh tanya-tanya resepnya apa. Eeeeh ternyata Elang udah diajarin membaca dan sering dibacain buku cerita.
 
Oh no, gak mau terlalu late, hal positif seperti musti dan wajib bagi mama untuk segera ditiru, walopun sebetulnya membacakan buku cerita bukanlah hal yang baru buat mama untuk Danis loh, karena pas sejak awal hamil aja mama sudah sering juga baca-bacain buku cerita / majalah anak-anak dan baca ayat-ayat al-quran dengan harapan agar didengerin (juga) oleh si calon baby di perut mama. Trus pas Danis mulai usia sekitar 2 bulan mama juga sering ngajakin ngobrol, bacain cerita anak-anak sambil nunjukin gambar-gambar aneka benda warna-warni. 
 
Dan mungkin juga karena keasikan ngajakin Danisnya bermain, akibatnya kegiatan baca-membaca itu sedikit demi sedikit mulai terabaikan, yang sebetulnya nggak boleh dilewatkan begitu aja ya seiring dengan perkembangannya, hehehe. Alhamdulillah mama dapat support dari mama elang, sepulang kantor mama udah gak sabar lagi untuk segera ajakin Danis belajar membaca.
 
"Danis, belajar membaca yok sayang?"
Waaa... ternyata Danis semangat sekali loh pas diajarin . Ssst....sebetulnya bukan bener-bener membaca sih, tepatnya belajar membolak-balik majalah sambil mencari, mengenali dan menyebutkan nama-nama binatang, buah-buahan, alat transportasi dsb . Overall ternyata kegiatan ini sangat menyenangkan, meskipun sebetulnya ada banyak cara ya untuk ngajarin anak, selain bisa langsung mengajak anak ke zoo, lewat puterin vcd juga lewat mainan (dan semuanya udah mama terapin ke Danis kecuali ngajakin ke zoo, hehehe). Dan lumayan bikin anak itu tambah kritis, ngomongnya makin lancar dan pintar. Dan yang paling penting, pas mama capek ngikutin Danis yang fully charged, mama ajakin aja baca. He will sit down dan start reading. Duduk manis, tenang dan nggak 'rusuh' lagi. Anteng deeehhhh.... Hingga sekarang, Danis sudah lancar ngomongnya, udah bisa bikin kalimat yang jelas, sometimes malah Danis loh yang nagih ke mama, "Mama ayok baca-baca kele-la-war..." (mama, ayok baca-baca buku kelelawar) Biasanya sambil ngomong begitu Danis juga sambil mencari majalah-majalah yang kadang emang sengaja mama taroh di bawah kasur. Kalau gak nemu, Danis langsung deh nunjuk-2 tumpukan majalah di atas lemari dan bilang : "Ambil, ambil diatass...ayok" (ambil di atas).
 
Psssttt... majalah anak-anaknya bukan yang mahal dan tebal seperti punya elang sih. Mama ngasih Danis majalah 'Disney Junior' terbitan jaman lampau yang emang sengaja mama simpen karena mama yakin 'suatu saat akan berguna'. Meskipun begitu menurut mama cukup berhasil lah walopun kemudian majalah-majalah itu sekarang ancur disobekin ma muridnya mama yang lucu ini, hehehehe


9 komentar:

Ummi Zalfa mengatakan...

Thanks ya mom jd dpt info niiy, tinggal praktekin ah...biar Zalfa jd pinter kayak Danis ya....

Ocha-Mama Aqila mengatakan...

Waaah seruu..danis lagi semangat2nya belajar baca ya mom..ntar klo udh jago mas danis ajarin qila ya.hehe..klo sekarang siy qila baru jago gigit2, nglecekin dan robek2 majalahnya aja :)

Desy Noer mengatakan...

Danis pinter eung... Aku juga jadi pengen segera ajarin Zaheer baca nich..
Lam kenal..

Mai mengatakan...

@Ummi-nya Zalfa,
Yay! keep semangat ya ummi :)

@Mama Aqila,
Hehehe.. sama aja mom, Danis juga sometimes masih suka robek-2 & gigit2 majalahnya mpe ancur smua... :D

@Mama Zaheer,
Thanks ya mom, Zaheer pasti deh seneng diajarin membaca ;)

Anonim mengatakan...

Terus semangat bacanya ya Kak Danis. Kalau Dita disodorin buku langsung digigit2 terus dikunyah hehehe :D

Nia mengatakan...

wah danis dah pinter mbaca nechh....ntar ajarin ina yaa...sekarang ina udah bisa ngikutin baca alif sampai akhir...tapi kalo lagi males ina bilang 'ngga mauu' heheh....

Mai mengatakan...

@BunDit,
Thanks ya Bunda, semoga Adek Dita juga semangat ya 'belajar membacanya' ^_^

@Mama Ina,
waaah, kalah nih ma Ina ^_^, udah pinter ngaji Iqro ya mom, Danis udah aku ajari sih, tp belum mau ngikutin sampai akhir, eh Danis malah suka request gini: "ngaji ma"
"baa'... "
"ho'...."
"ya'...."
hehehehe... Ina, ajarin Danis ngaji dong... :D

entik mengatakan...

ayok danis yang rajin baca2 majalahnya,mas ikhsan pinjam boleh ga?

kalau ikhsan sejak belom ada 1 taon dah aku kenalin buku, sekarang paling hobi dibacain buku & dah mulai hafal beberapa huruf abjad.

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap Di Indonesia mengatakan...

Asik ya kalo anak kecil semangat kalau diajak belajar