Senin, November 16, 2009

23 Months Old Danis


Ga kerasa lebih dari 1 bulan mama gak posting. Bukannya gak ada bahan sih, lebih tepatnya dikarenakan mama yang too much plan dan keinginan sehingga postingan yang sejatinya tayang diminggu-minggu lalu hanya ngendon di draft, belum selesai ngerjain yang ini dah sibuk ngerjain yang lain dan alhasil semuanya ga ada yang selesai 'cuma' berhasil nambah panjang planning list-nya mama! , yup.. it's the real me.... Mama yang punya banyak sekali keinginan, pengen punya usaha sampingan yang beromzet bagus tapi pengen juga pengen punya waktu yang lebih banyak lagi untuk Danis, pengen bisa ambil cuti supaya bisa berlibur & jalan-jalan bareng keluarga tanpa diganggu dering hp dari kantor. Huhuhu...boss-nya mama pasti deh melolot begitu mama sodorin form permohonan cuti, sebelum kemudian memvonis tegas (baca: galak) : tidak boleh! kerjaan masih banyak! sigh. Sometimes masih pengen beli ini beli itu tapi pengen juga bisa lebih hemat dengan meng-skip pengeluaran yang tidak terlalu penting/urgent dan bisa saving cost lebih banyak lagi dan lagi. 

Okay, sementara ga penting membahas planning dan keinginan mama yg suka ga jelas itu yah, hehehe... let's talk about Danis, cowok kecil mama yang ganteng dan semakin pinter ini. Afterall, di usianya yang ke-23 bulan ini Danis makin pinter aja dalam berkomunikasi, kata-katanya juga makin jelas dengan 3-4 suku kata sekaligus, pola maemnya tambah baik, udah makin mahir ngayuh sepeda roda 3 **uhuy berarti bentar lagi belajar naek sepeda roda 4 ya sayang, makin pinter request juga nyuruh, wekeke, udah mau dimandiin pake air dingin (1 bulan sebelumnya masih jejeritan dan nolak mentah-mentah bila dimandiin air dingin), dan udah bisa jawab klo ditanya nama lengkapnya. Okay, utk lebih detailnya akan mama share disini yah...


Perkembangan Bahasa
Kalimatnya udah lebih jelas, udah bisa request makanan favoritnya seperti : "Aem mie ajah, yok?" dan udah bisa nolak makan dengan bilang (baca: alesan) "Nggak au aem, pedess... ssshhhaaahhh, haaahhh". Oia, Danis juga udah hafal nama lengkapnya. 

mama: namanya siapa?
Danis : Daniish
Mama: Daniswara...?
Danis : Adham Ya (Adam Tanaya)
mama: Papanya siapa namanya:
Danis : Agustutus (Agus)
mama: klo mamanya?
Danis : ei (Mai)
mama: rumahnya dimana?
Danis : Ikan Yeye (ikan lele)
Mama: Bukan lele sayang, Ikan Sumbal
Danis : Gak au... Ikan Yeye ajah (Nggak Mau, Ikan lele aja)
mama: nomer berapa?
Danis : Empat
mama: Tiga Puluh Empat
Danis : empat ajah (sambil senyum)

Mama suka gemes dgn ngeyel-stylenya Danis ini . Sampe sekarang, meskipun udah banyak tau dan bisa mengucapkan nama-2 ikan yang lain, tapi teteup aja Danis lebih suka menyebutkan nama Ikan dengan subutan Ikan Yeye dan Ikan Ami (Lele & Gurami). Hmm...apa mungkin karena dari bayi dia udah terbiasa dgn 2 jenis ikan itu ya? Bisa jadi. Pasalnya tiap pagi dan sore Danis semangat banget ngasih makan ikan Lele dan Gurami di kolam belakang rumah. Jadi klo nyebut nama ikan, kalo nggak lele ya gurami, 

Pola Makan
Makin tambah gede, makin gampang deh acara maemnya Danis. Tidak perlu pake doping-2 misal pake krupuk, chips ato peyek biar tambah lahap makannya, ato juga dengan ngajak naek tangga ke tempat jemuran atau dengan di-selimurkan (dialihkan perrhatiannya). Pas jam makan tiba, Danis akan segera duduk manis dan langsung menyambut makanannya. Danis sekarang prefer maem pake sendok sendiri walopun masih suka kececeran tapi it's okay lah ya... dan mama gak keberatan kok utk bersih-bersih sesudahnya. Danis juga boleh dibilang lumayan bisa-lah makan makanan keluarga, nasinya udah gak lembek lagi, udah mau nguyah jadi gak susah lagi nelen sayur/buah/ayam suir yg rada gede. Udah lumayan manteb minum pake gelas, walopun sometimes masih keselek juga sih tapi muntahnya udah mulai jarang. Alhamdulillah...

Bye bye Warm Water
Perkembangan lain yang paling mencolok dibanding bulan-2 sebelumnya adalah Danis udah mau dimandiin pake air dingin tanpa tambahan air panas sekalipun. Sebelumnya klo misalnya mama bilang : "Danis mandi pake air dingin aja ya" Danis langsung deh tereak : "Gak au... ake air anget ajah..." (Nggak mau...pakai air anget saja). Walopun pas lagi asik mainan air hingga badannya basah semua, begitu diguyur pake air dingin, Danis pasti deh bakalan jejeritan dan langsung menyudahi acara mandi. Alhamdulillah sekarang udah nggak lagi, good boy. Tambah pinter ya nak, kan bentar lagi umurnya 2 tahun. Apalagi sekarang cuacanya begitu gerah, jadi seger kan klo mandinya pake air dingin biasa, Sementara ini mandinya masih di bak plastik dan outdoor. Itu karena Danis masih keliatan 'gak comfort' klo mandi di kamar mandi dalam kondisi tertutup. It's okay....Pelan-pelan akan mama ajarin utk mandi pake shower di kamar mandi. 

Bye bye Diapers
Entah karena cuaca akhir-akhir ini yang sangat panas atau emang sudah waktunya ya, Danis tiba-tiba aja menolak kalo dipakein diapers. Yeay! tentu saja mama girang banget dengan perkembangan ini . Mama jadi tambah semangat aja ngajarin Danis toilet training. Jadilah klo bersama mama di rumah bye-bye itu diapers. Caranya biar gak sampai ngompol/pipis di celana, klo pas mau bobok mama ajak ke kamar mandi utk pipis dulu. Begitu juga klo pas bangun tidur, selalu mama ajak untuk pipis di kamar mandi. Pernah kebobolan nggak? sesekali sih iya. Soalnya klo sebelum bobo Danis menghabiskan 240 cc susu kadang lebih. Begitu pula pas di tengah-tengahnya tidur, masih minta sebotol susu. Boleh bilang ngompolnya udah jarang dan makin berkurang. 

Sebetulnya mama memang insist utk mengurangi pemakaian Diapers pada Danis lebih dini. Ya selain utk mengurangi sampah, juga dengan tujuan menghemat pengeluaran karena klo ditotal pengeluaran diapers ternyata sangat banyak. Tahap pertamanya adalah mama menggunakan celana lampin/cloth diaper. Ternyata lumayan membantu lah klo dipakai sehari-hari di rumah. Jadi klo kebetulan pipis atao poop di celana, gak bakalan bocor. Tinggal cuci dan kucek celana sampai bersih, jemur dan bisa dipakai lagi. Lumayan menghemat pemakaian Diapers kaan? Apalagi udah satu bulan ini Danis mulai ogah klo dipakein Diapers, makin ngedukung target mama utk menghemat. Tapi sayangnya hal ini justru sedikit membuat pusing 'keluarga di rumah' lho (baca: budhe, uti & pakdhe). Mereka (yang nota bene bukan tergolong usia muda) merasa repot bila harus bolak-balik mengganti celana lampin, atau takut Danisnya terpeleset bila pipis di celana kain non diapers, dan yg paling crucial adalah repot bila harus bolak-balik ngepel lantai terutama bila kena pup-nya kan? akhirnya ya balik lagi pake diapers . So, sementara ini free diapers kalo pas bersama mama di rumah. 

Well, dengan bertambah besar dan pinternya anak mama ini, semakin memacu mama utk mendidik Danis lebih baik lagi. Masih ada banyak pe-er yang harus mama selesaikan satu-persatu, dan semoga mama & papa dapat menjaga 'Amanah' ini dengan baik, Insya Allah.
Selamat ulang bulan ya sayang. Papa & Mama love you as always... 


9 komentar:

Nia mengatakan...

Mom, makin sibuk aja nech sampe gak posting sebulan...mau dpt penghasilan tambahan tp tetap ada waktu luang dgn danis? ikut aku yuukkk

Nia mengatakan...

oh ternyata postingannya panjang banget yachh, hebat dech danis dah tmbah pinter ngomongnya...emang repot ya mom kalau anak dijagain sm keluarga yg lebih tua, ngga bisa ngikutin maunya kita, terpaksa dech mengalah dulu....yg penting pembelian diapers udah berkurang kan hehehe....

Motik mengatakan...

Selamat ulbul ya danis..
Sehat terus ya sayang, sebentar lg kan tiup lilin. Makin pinter aja nih danis, kyara juga lagi pengen ditelatenin free diapers nih, mamanya suka masih males ngajarin kyara sih hehe..

lidya mengatakan...

met ulang bulan ya, smeoga sehat selalu dan cepet besar

Vera mengatakan...

dannis bentar lg ultah ya, moga makin pinter, sehat yaaaa

May-Danis's Mom mengatakan...

@Mama Ina:
Nggak sibuk banget sih mom, lebih tepatnya sih menyibukkan diri :P, Ya begitulah emang masih nebeng ortu, but anyway... aku masih bersyukur lah, ada yang 'jagain' anakku ;-), Alhamdulillah pembelian diapers skrg bukan 'wajib' lagi, hehe....

@Mama Kyara,
Thanks ya mom, mudah-2an Kyara juga seperti Danis yg bertahap ke free-diapers ya... Ayo semangat mom...

@Mama Pascal,
Thanks ya mom, salam buat Kakak Pascal ya...

@Bunda Azka & Alisha,
Iya Mom, bentar lagi emang ultah, mamanya masih bingung mo ngerayain ato nggak ya?? Thanks ya mom utk do'anya...

Diyah kusumaningsih mengatakan...

Met ulbul ya Danis...dah besar ya bentar lagi 2 thn deh! sehat & tambah pinter ya....

May-Danis's Mom mengatakan...

@Mama-nya Zalfa,
Thanks ya mom utk doanya, semoga Zalfa juga tambah pinter & sehat slalu ya, amiin.. ;-)

alumongga mengatakan...

Waduuuh lama gak mampir ke sini. Kaka Danis udah hampir ultah ke-2 ya. Met Ulbul ya..semoga selalu sehat dan tambah kepintarannya. Ngomongnya udah ok banget ya kaka Danis. Soal diaper, sekarang ini Dita juga enggan di pakaiin, soalnya sempet ruam dan gatal2, pas beberapa hari gak dipakaiin, eh pas dipakaiin lagi jadi nolak.

Semoga toilet trainingnya sukses ya. Cerita2 ya mam :-)